Tuesday 16 August 2016

Flu Burung Penularan, Pengertian dan Pencegahan



Selamat pagi sahabat blogger. Salam sehat untuk kita semua, kawan-kawan semuanya pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit tentang penyakit yang disebabkan oleh bangsa burung. Yup, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit flu burung. Kasiang semua pasti tau kan, penyakit ini berisik sekali diberitakan di tanah air.
Flu burung itu adalah penyakit yang disebabkan oleh unggas atau sebangsa burung yang disebabkan oleh virus influenza. Nah virus influenza ini biasanya ada pada hewan peliharaan di rumah seperti ayam, kalkun, itik, puyuh, angsa, bebek dan sebangsa burung lainnya baik itu burung liar maupun burung rumahan. Penyakit ini sudah temukan sejak 100 tahun lalu di italia. Virus flu burung yang saat ini menjangkiti Indonesia adalah subtipe H5N1 yang punya waktu inkubasi 3-5 hari. Waw cepet ya guys, tidak hanya itu penularannya bisa melalui banyak cara yaitu melalui perantara udara, makanan maupun secara kontak langsung. Kalau yang lewat udara tentu kalian sudah tau dong, dari manusia yang sudah terkena kemudian bersin lalu virus tersebar di udara, kemudian kalian berada disekeliling tempat itu dan menghirup udara yang mengandung penyakit flu burung yaudah akhirnya kalian tertular. Kalau melalui makanan dan minuman yaitu, makanan dan minuman yang sudah terkena atau terkontaminasi dengan virus flu burung kemudian termakan oleh manusia. Yaudah kena deh. Selanjutnya adalah kontak langsung dengan hewan maupun manusia yang terkena flu burung.
Gejala penyakit ini sulit untuk diidentifikasi karena gejalanya seperti flu biasa. Gejala penyakit ini pada manusia adalah demam, anoreksia, pusing, gangguan pernafasan, nyeri otot dan mungkin konjungtivitis yang terdapat pada penderita dengan riwayat kontan dengan unggas yang terinfeksi. Nah itu pada manusia, tapi kalau pada hewannya ya berbeda dari manusia, yaiyalah kan hewan haha. Gejala pada unggas yaitu jengger dan pial kebiruan, darah dari hidung, feses kehijauan dan banyak mengandung air, pada paha ada bercak merah darah dan kematian unggas secara mendadak. Penyakit ini luar biasa banget guys, karena sekarang sudah ada di seluruh provinsi di indonesia. Artinya kalian keliling indonesia maka kalian terkena risiko penyakit ini lebih besar lagi guys.
Nah penular utama penyakit ini adalah burung liar yang tidak terawat guys, kemungkinan burung ini kontak dengan hewan piaraan di rumah, nah setelah itu burung atau hewan burung di rumah sakit. Nah sakitnya burung kita itu membuat penularan pada manusia. Jadi burung liar salah satu biang keroknya nih. Oke kawan semoga bermanfaat ya. Thank you

No comments:

Post a Comment