Sunday 13 July 2014

Manfaat wudhu untuk kesehatan badan dan kulit



assalamualaikum kawan....
          kita sebagai ummat islam tentu sering mendengar dan melakukan yang namanya berwudhu, karna wudhu merupakan salah satu syarat sahnya solat. namun selama ini kita hanya berfikir sempit tentang wudhu ini. sebenarnya apakah yang menyebabkan wudhu ini menjadi salah satu syarat sah solat.? lalu apa sajakah manfaatnya dalam kesehatan tentunya. akan kita kaji bersama dalam postingan ini
         bila di lihat dari apa yang kita lakukan selama wudhu, fungsinya adalah untuk membersihkan area area tertentu seperti tangan, muka, hidung telinga, kaki, rambut dll. Itu merupakan area primer atau merupakan daerah yang di gunakan oleh bakteri atau virus untuk menginveksi kita. Oleh sebab itu dengan melakukan wudhu kita telah melakukan proteksi primer atau atau perlindungan awal bagiu kita untuk mencegah berbagai macam penyakit.
Di dalam hadis mengatakan :
“rasullulloh bersabda, barang siapa berwudhu dengan sempurna maka dosa-dosanya akan keluar dari jasadnya hingga keluar dari jari-jarinya”
Subhanalloh, maha besar alloh dengan segala ciptaannya. Begitu indah islam jika kita mengetahui apa yang sebenarnya maksud dari apa yang di perintahkan oleh islam. Semua yang di perintahkan memiliki banyak dampak positif bagi yang melakukannya. Contohnya seperti yang di paparkan di atas yaitu tentang wudhu. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan menetapkan bahwa orang-orang yang selalu berwudhu, majoriti hidup hidupnya bersih dan sehat. Sebagian besar orang yang tidak  berwudhu menjadi ladang pertumbuhan bakteria terutama bakteri coccus atau bulat dan berbahaya karena penyebarannya yang cepat.
Selain itu, wudhu dapat menyebabkan keracunan. Kenapa bisa terjadi.? Bisa saja karena adanya pertumbuhan bakteri pada lubang hidung. Dari lubang hidung bakteri masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan radang dan berbagai penyakit, trutama jika bakteri masuk ke dalam darah.berkumur dapat menjaga mulut dan tekak dari macam-macam radang, pembengkakan gusi dan mencegah kerapuhan gigi. Karena hanya dengan berkumur dapat menghilangkan sisa makanan walaupun tanmpa menggunakan obat kumur sekalipun. Selain itu berkumur mampu melatih otot wajah sehingga dapat awet muda.
Dalam hadis lainnya di katakan bahwa
“sesungguhnya, ummatku akan di panggil pada hari kiamat dalam kondisi putih bersinar karena bekas wudhu. Maka barang siapa diantara kalian boleh memperpanjang putih sinarnya, hendaknya ia melakukannya”
            Sungguh indah islam memberikan banyak kemudahan dalam banyak bidang dan memberi banyak efek positif. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat.
Sekian assalamualaikum wa.wb


Buku Rujukan : Sulaeman. S.2013. "Nabi Sang Tabib Mukjizat Kesehatan Di balik Sabda-sabda Nabi", solo. Aqwam Media Profetika

No comments:

Post a Comment